Berbagai Tanggapan : Penampakan Mbah Petruk Sebelum Gunung Merapi Meletus

Berbagai Tanggapan : Penampakan Mbah Petruk Sebelum Gunung Merapi Meletus
Berita penampakan mbah petruk di waktu subuh, sebelum letusan pertama gunung merapi, terekam oleh kamera berupa awan yang muncul di puncak merapi. Foto tersebut milik Suswanto , warga Dusun Anom, Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Dia mengaku mengambil foto tersebut Senin 25 Oktober 2010 pukul 05.00 WIB dari rumahnya. Karena melihat awan merapi yang berbentuk seperti petruk kemudian langsung suswanto abadikan dengan kamera digital. Menurut beberapa sesepuh desa fenomena penampakan awan yang berbentuk Petruk tersebut merupakan suatu peringatan dari yang “mbau rekso” puncak merapi. Bahwa merapi akan meledak dengan besar dan ledakan akan menuju ke yYogyakarta karena awan yang berbentuk merapi mengarah ke Yogyakarta/ selatan.
Mbah Diur , sesepuh Dusun Gantan, Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, Magelang menjelaskan Merapi secara filosifi dan metafisis dikuasai beberapa arwah dari orang yang mumpuni. Salah satunya Nyai Petruk atau Mbah Petruk yang menguasai bagian puncak bersama mahkluk gaib lainnya, Den Mas Anwar, anak dari Pangeran Samber Nyawa penguasa Gunung Lawu. Petruk menguasai kawah dan Den Mas Anwar menguasai bagian puncak sampai ke dalamnya. Ada lagi tokoh ghaib lainnya yang diyakini berdiam di Gunung Merapi. Tokoh ghaib itu adalah pangeran Sambang Dalan, penguasa sisi kanan kiri lereng Merapi.
Namun sesungguhnya baik awan, langit, udara, air dan semua yang ada di alam semesta ini adalah milik Allah SWT. Ketika berbentuk sesuatu sesungguhnya kehendak Allah semata, bahwa sebuah awan itu terjadi, kita semua menyadari bahwa di alam semesta ini bermilyar peristiwa yang terjadi, hal yang tidak masuk akal, adalah bermilyar peristiwa itu hanya mampu di tangani oleh akal manusia sendiri. Sehingga sebenarnya tergantung manusia yang menaggapinya sendiri denagn perspektif masing-masing. Saat ini tidak dapat kita abaikan bahwa masih banyak orang yang mempercayai hal-hal bersifat teologis / percaya akan hal-hal ghaib seoerti fenomena awan berbentuk Petruk tersebut. Orang seperti ini akan menganggap penampakan mbah petruk pada dimensi tertentu merupakan sebuah gambar awan yang oleh beberapa orang dapat dibaca sebagai sebuah warning. Tapi disebagian masyarakat juga telah mencapai tahap positivis yaitu sudah berpikir rasional yang hanya akan menganggap fenomena seperti itu sebagai isu yang tidak akan ditanggapi secara serius. Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Subandriyo menilai asap berbentuk Petruk itu tidak ada arti apa-apa. Asap seperti itu bisa berbentuk apa saja. Kalau ada yang mengatakan itu pertanda akan ada letusan yang lebih besar saya rasa itu hanya mitos saja. Bentuk-bentuk seperti itu (mirip Petruk) memang bisa terjadi akibat adanya kombinasi bayangan. Seperti pada letusan Merapi pada tahun lalu, asap letusan juga pernah menyerupai patung manusia.
Jadi menurut penulis sendiri, ada baiknya kita waspada akan tanda-tanda lam yang terjadi yapi jangan mudah termakan isu seperti itu yang malah akan membuat kepanikan warga masyarakat sendiri. Tetap berdoa kepada Allah SWT serta percaya padaNya karena sebenarnya semua yang terjadi hanya atas kehendakNya dan sesungguhnya kekuatan mahluk halus itu amat-lah lemah. Dia tidak bisa mencelakai manusia, karena tugas dia adalah menggoda manusia, sesuai janji dia ketika turun ke bumi.

5 Comments

Filed under Uncategorized

5 responses to “Berbagai Tanggapan : Penampakan Mbah Petruk Sebelum Gunung Merapi Meletus

  1. emang kayak begitu nu,,, fakta sosial..

    menurutmu tu termasuk dalam tahap perkembangan manusia yang mana?
    teologis apa metafisis?

  2. pemikiran manusia pada tahap teologis!
    *menurut mbah auguste comte ..

  3. mantap Nu,,,kebenaran Postulat pasti berlaku di merapai

  4. budi: hahaha kuwi teo fisis
    nindul: mbahku kuwi
    kuncoro: what???

  5. zaman ckrg masih percaya dgn mitos memang sangat di percaya…tp percaya tw tdk…yua no coment waelah….heheee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s